large image
KEPALA PERANGKAT DAERAH

Ir. Rasmi Widyani, MA
NIP. 19620611 198703 2 006
MARS TANGGUH BPBD
PENGUMUMAN
AGENDA
PUSAT UNDUHAN
Klik Gambar di Bawah ini
LINK TERKAIT


Gempa 6,4 SR Guncang Lebak
Kategori Berita | Diposting pada : 2018-02-06 -|- 12:39:00 oleh Admin
Bagikan Artikel ini :

Lebak-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa berkekuatan 6,4 skala Richter yang mengguncang sekitar Lebak, Banten, tidak berpotensi tsunami. “Gempa tidak berpotensi tsunami, pusat gempa terjadi di 81 kilometer Barat Daya Lebak, Banten,” kata Kepala BMKG Serang Sugarin, Selasa, 23 Januari 2018


Dilansir dari laman BMKG, gempa ini tidak menimbulkan tsunami. Pusat gempa berada di laut 67 Km Barat Daya Lebak, Banten dengan kedalaman 36 kilometer (Km) dan titik koordinat di 7.15 Lintang Selatan 106.08 dan Bujur Timur. Gempa dirasakan sekitar Kecamatan Bayah, Panggarangan, dan Malingping.


Analisis PVMBG itu berdasarkan data soal lokasi pusat gempa bumi dan kedalamannya, serta mekanis fokal sesar oblique (sesar mendatar menganan dengan komponen naik), dengan arah gerak baratdaya-timurlaut.

PVMBG juga menjelaskan analisis soal sebab dampak getaran gempa bisa terasa kuat di kawasan Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat. Hal ini karena, berdasarkan tatanan tektonik, kawasan selatan Jawa dipengaruhi oleh zona tunjaman lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia, sehingga memberikan kontribusi tektonik di laut maupun di daratan pulau Jawa.


(Sumber diambil dari TEMPO.Co dan tirto.id)
gempa lebak



List Berita Lainnya
KONTAK
Klik Gambar di Bawah ini
POOLING

Bagaimana menurut pendapat anda tentang layanan di website ini?

Kurang
Cukup
Sangat Bagus
Tidak Tahu

Hasil Polling
DOKUMENTASI
SOSIAL MEDIA